Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Dengan Metode TanyaJawab Siswa Kelas III SD Negeri 62 Banda Aceh
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan kegiatan yang paling fundamental. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan antara lain bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami siswa sebagai anak didik. Masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran PKn dengan metode tanya jawab di SD Negeri 62 Banda Aceh?". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran PKn dengan metode tanya jawab di SD Negeri 62 Banda Aceh. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa di SD Negeri 62 Banda Aceh yang terdiri dari 18 kelas yang berjumlah 549 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-A yang berjumlah 30 orang siswa. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang akan digunakan antara lain: dokumentasi, observasicdan tes hasil belajar. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa penggunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai Fhitung sebesar 27,654 dan nilai Ftabel sebesar 2,603 atau Fhitung > Ftabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya bahwa minat belajar siswa berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dari penelitian inidapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui penggunaan metode tanya jawab.